Pendekkan url, dan dapatkan uang!

Manfaat jalan kaki

Ayo jalan kaki, karena berjalan itu sehat. Oleh karena itu, coba beri porsi waktu lebih banyak lagi bagi aktivitas ini. Berjalanlah secara konstan, setidaknya 10 menit dalam sehari. Kalau lebih lama? Lebih lama, justru lebih bagus. Pasalnya ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari kebiasaan berjalan kaki. Apa sajakah itu? Berikut adalah manfaat jalan kaki bagi kesehatan, di antaranya adalah :

1. Meningkatkan energi
Berjalan kaki secara rutin, minimal 25 menit per minggu (dilakukan seminggu selama 3 kali) bisa meningkatkan energi tubuh anda hingga 18 persen. Ini berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh Pennington Biomedical Research Center. Angka itu bahkan bisa bertambah tinggi, jika anda berjalan kaki lebih dari 25  menit dalam sehari.

2. Terhindar dari diabetes tipe 2
Dari Program Pencegahan Diabetes, diketahui orang yang berjalan selama 150 menit dalam seminggu, mampu mengurangi risiko terkena diabetes hingga 58 persen. Namun, ini juga harus disertai dengan laju penurunan berat badan sebanyak 7 persen dari bobot tubuh.

3. Menyehatkan otak
Penelitian seputar kaitan antara aktivitas berjalan kaki dengan fungsi kognitif menyimpulkan hal yang menarik. Wanita yang rutin berjalan dengan langkah ringan lebih dari 1,5 jam per minggu, memiliki kemampuan kognitif sangat baik, ketimbang yang aktivitas berjalan kakinya tak lebih dari 40 menit dalam seminggu.

4.  Memperkuat tulang
Wanita yang telah menopause disarankan untuk berjalan kaki sejauh 1,6 km secara rutin. Studi membuktikan kebiasaan ini mampu meningkatkan kekuatan massa tulang tubuh dan memperlambat penurunan kualitas tulang kaki.

5.  Menyehatkan jantung
Ini diketahui dari pengamatan yang dilakukan terhadap 72.488 perawat dari Nurse's Health Study. Kebiasaan mereka berjalan kaki selama lebih dari 3 jam dalam seminggu, membuat risiko terhadap serangan jantung turun hingga 35 persen, dibandingkan para wanita yang jarang berjalan kaki.

Saat sedang berjalan kaki, pastikan postur tubuh kita sudah tepat. Postur tubuh yang benar dan tepat saat berjalan sangatlah penting, agar kita dapat bernapas dengan baik, terhindar dari risiko sakit punggung dan bahu, serta meraih hasil latihan secara maksimal.

Postur tubuh ideal saat berjalan kaki adalah sebagai berikut :
- Badan tegak, dan tidak lemas.
- Bahu tegap, tidak membungkuk ke depan.
- Dagu sedikit terangkat, tidak menunduk ke bawah.
- Pandangan lurus ke depan, terarah ke objek sejauh 3-6 meter

Nah, apakah anda akan berjalan kaki lebih banyak lagi? Sampai jumpa di postingan selanjutnya!

1 Comment(s) :

Click here for Comment(s)
Anonim
FajarMF
Minggu, 27 Januari, 2013 ×

bener mas... memang banyak sekali manfaat dari jalan kaki

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX!! Congratulation!
Reply
avatar

Take some minutes to give me any comments, critics, and suggestions. Your comments will make this blog to be more attractive [As soon as i read your comments]. Thanks for your comments! Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment