Pendekkan url, dan dapatkan uang!

Sony Xperia M4 Aqua, Let's Take an Underwater Selfie

Lagi-lagi saya harus geleng-geleng kepala dibuat bingung dengan smartphone. Setelah hampir memantapkan pilihan ke Asus Zenfone 2 dengan RAM 4GB yang menjadikannya Smartphone pertama dengan RAM 4GB, tiba-tiba saya mendengar kabar dari teman saya bahwa Sony mengeluarkan produknya lagi. Ternyata setelah saya telusuri, M4 Aqua ini keluaran Juni 2015. Yah meskipun lebih dulu daripada Zenfone 2, setidaknya M4 Aqua ini masih kelas Mid-End dan saingan dengan Zenfone 2.
Untuk itu, mari kita coba telusuri M4 Aqua, Smartphone terbaru Sony :)
M4 Aqua
M4 Aqua, Another Water-Resistant Phone
Beberapa situs telah mengkomparasi antara Zenfone 2 dengan M4 Aqua. Mari kita lihat komparasi spesifikasi masing-masing :
Zenfone 2 vs M4 Aqua vs Vibe Shot
Zenfone 2 vs M4 Aqua vs Vibe Shot
Zenfone 2 vs M4 Aqua
Zenfone 2 Vs M4 Aqua
M4 aqua, yang berada di kelas Mid-End, menawarkan koneksi yang canggih, yaitu 4G LTE. Dukungan sistem operasi Android lollipop juga akan membawa anda menikmati keseruan dunia Android. M4 Aqua tersedia dalam berbagai warna, yaitu warna black, coral, white, dan silver. Nampaknya peluncuran Sony Xperia M4 Aqua ini menjadi pembuktian bahwa sektor smartphone masih menjadi sektor yang Sony geluti, ditengah-tengah rumor yang menyebutkan bahwa perusahaan itu kalah di lini bisnis smartphone.
Spesifikasi yang dibawa Xperia M4 Aqua tidak terlalu mengecewakan, karena ponsel ini sudah dilengkapi prosesor dengan arsitektur 64 bit terbaru Octacore 1.5 GHz dan RAM berukuran 2GB.

Desain

Sony Xperia M4 Aqua hadir di hadapan anda dengan ukuran dimensi 145.5mm x 72.6mm x 7.3mm. Ukuran tersebut termasuk ukuran standar untuk smartphone. Massanya yang mencapai 136 gram juga tergolong pas, tidak berat namun juga tidak ringan. Dari dimensi yang terbentuk, bagian depan Sony Xperia M4 Aqua didominasi oleh layar berukuran 5 inci. Hanya sedikit tempat yang disisakan, sehingga anda akan sangat leluasa mengeksplorasi apa yang disajikan oleh layar tersebut. Membawa capacitive touchscreen, layar 5 inci tersebut bisa mendeteksi sampai dengan 4 multitouch. Sementara itu, panel layar yang dipakai adalah IPS LCD. Gambar pada layar IPS akan tetap terlihat, bahkan pada sudut pandang hingga 178 derajat. Jadi anda akan bisa berbagi dengan beberapa teman lain untuk menikmati visual yang ada pada Sony Xperia M4 Aqua ini. Selain itu layar panel IPS merupakan panel yang keras dan tahan terhadap benturan. Walaupun begitu, ketika ada tampilan grafis yang bergerak pada kecepatan tinggi di ponsel dengan layar IPS, terkadang bisa meninggalkan jejak. Layar berukuran 5 inci pada Sony Xperia M4 Aqua membawa serta resolusi  720x1280 pixels, yang berkolaborasi dengan kerapatan 294 ppi pixel density dan ragam warna 16M untuk menghasilkan visual berkualitas. Nah, layar dengan visual menawan itu dilindungi juga oleh Scratch-Resistant Glass. Perlindungan anti gores yang satu ini adalah adanya lapisan layar anti gores yang melindungi kaca dari goresan ringan saja, karena lapisannya hanya berada di permukaan kaca. Lapisan layar pada spesifikasi Xperia M4 Aqua ini memang belum setangguh Gorilla Glass milik Corning, namun tentu saja akan cukup membantu pengguna untuk melindungi layar smartphone.

Hardware and Software

Sony Xperia M4 Aqua menggunakan Android lollipop sebagai operating systemnya. Selain menyajikan aplikasi-aplikasi dan dukungan fitur menarik, OS tersebut juga hadir dengan kemampuan untuk membuat mesinnya terpacu lebih bertenaga lagi. Apalagi Sony Xperia M4 Aqua juga sudah memiliki tenaga yang bagus. M4 Aqua menggunakan chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 yang berteknologi octacore. Mesin Sony Xperia M4 Aqua itu sendiri dihadirkan melalui dua buah prosessor, yakni Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.0 GHz Cortex-A53. Mesin tersebut bekerjasama dengan RAM 2GB, untuk menangani kemampuan ponsel ini. GPU Adreno 405 juga hadir pada spesifikasi Sony Xperia M4 Aqua ini untuk berkolaborasi dengan  RAM dalam hal pengolah grafis. Anda yang hobi berlama-lama dengan smartphone untuk gaming pastinya akan betah, karena kapasitas RAM yang cukup besar akan membuat sektor grafisnya berjalan baik.

Memory

Sony Xperia M4 Aqua hadir dengan memori internal berkapasitas 4GB, yang upgradable tergantung modelnya. Sebelum diperbesar pun, kapasitas Sony Xperia M4 Aqua tersebut sudah cukup mampu mewadahi banyak sekali file digital. Namun kebutuhan masing-masing orang pastinya berbeda. Sehingga untuk anda yang membutuhkan penyimpanan lebih besar, bisa memanfaatkan fitur microSD. SDCard slot pada Xperia M4 Aqua tersebut memungkinkan kapasitas memori anda untuk dimaksimalkan. Anda dapat mengandalkan kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar tersebut untuk menyimpan berbagai file-file penting yang anda butuhkan secara lebih leluasa. Sayangnya, ponsel ini hanya mendukung MicroSD sampai 32GB, padahal ponsel sekelasnya yang menggunakan Chipset Snapdragon 615 sudah mendukung memory microSD hingga 64GB lebih. Xperia M4 Aqua support memory external hingga 128GB :)

Konektivitas

Untuk konektivitas, Xperia M4 Aqua sudah menyediakan kemampuan USB OTG, sedangkan GPSnya dilengkapi teknologi A-GPS dan Glonass. Ponsel ini juga sudah mendukung teknologi 4G LTE dimana smarphone ini mampu melakukan download dengan kecepatan hingga 150 Mbps. Sementara itu, anda bisa mengunggah file dengan kecepatan hingga 50 Mbps. Ponsel ini merupakan salah satu smartphone terbaik di kelas menengah. Walaupun Harga Sony Xperia M4 Aqua dibanderol cukup mahal, namun terbukti bahwa smartphone ini mampu bersaing melawan smartphone sekelasnya.

Kamera

Sony Xperia M4 Aqua menggunakan kamera utama sebesar 13 MP (4128x3096 pixels) dengan fitur autofocus dan LED flash. Xperia M4 Aqua juga memiliki fitur lainnya seperti Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama, dan video 1080p@30fps. Xperia M4 Aqua juga memiliki kamera depan dengan kekuatan 5 MP.

Harga

Sony Xperia M4 Aqua dibanderol 4 jutaan. Memang cukup mahal, namun jika melihat spesifikasi yang ditawarkan, harga tersebut memang sebanding dengan kualitasnya. Sudah disediakan RAM berukuran 2GB untuk mempercepat kinerja multitasking dan prosesor Qualcomm Snapdragon 615 dengan kecepatan Octacore 1.5 GHz untuk memberikan performa dan kecepatan maksimal tanpa menguras daya dari baterai. Prosesor dengan arsitektur 64bit tersebut memang terbukti awet karena tidak berjalan secara bersamaan dan memiliki 2 inti prosesor Quad Core yang berjalan secara bergantian.

Kesimpulan

 Sony Xperia M4 Aqua merupakan pendatang baru di kelas Mid-End Smartphone. Sony Xperia M4 Aqua menawarkan berbagai kelebihan dan kekurangan tertentu.

Kelebihan

  • Memiliki kemampuan water resistant hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.
  • Memiliki peforma yang cepat dengan mengandalkan processor Octacore Snapdragon 615 dengan arsitektur 64bit.
  • Menggunakan OS Android lollipop dengan RAM berukuran 2GB untuk meningkatkan kecepatan multitasking dalam menjalankan aplikasi dan game di android.
  • Dilengkapi teknologi LTE yang memungkinkan kecepatan internet hingga 150 Mbps.
  • Sudah mendukung NFC dan USB OTG.
  • Didesain sangat tipis dengan ketebalan 7.3 mm dengan desain yang elegan dan premium.

Kekurangan

  • Layarnya masih beresolusi HD 720p, padahal untuk harga sekelas Sony Xperia M4 Aqua bisa dapat layar Full HD.
  • Kapasitas memory eksternal yang hanya 32 GB.
  • Baterai tidak bisa dilepas.
Nah, sekian dulu review dari saya. Apakah anda tertarik dengan Sony Xperia M4 Aqua ini?
Next
This is the current newest page

1 Comment(s) :

Click here for Comment(s)
Anonim
FajarMF
Jumat, 09 Maret, 2018 ×

Good info. Lucky me I discovered your blog by chance (stumbleupon).

I have bookmarked it for later!

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX!! Congratulation!
Reply
avatar

Take some minutes to give me any comments, critics, and suggestions. Your comments will make this blog to be more attractive [As soon as i read your comments]. Thanks for your comments! Conversion Conversion Emoticon Emoticon

Thanks for your comment